Pengertian Ananiah

a.Secara Etimologi
   Kata ananiah berasal dari bahasa arab "ana" yang berarti saya atau aku,Ananiah berarti "keakuan" atau sifat membanggakan diri diri.

b.Secara Terminologi
   Sifat ananiah biasa disebut egois,yaitu sikap hidup yang terlalu mementingkan diri sendiri bahkan jika perlu dengan mengorbankan kepentingan orang lain.Sifat egois merupakan sifat tercela yang di benci oleh Allah swt. dan manusia karena cenderung berbuat sesuatu yang dapat merusak tatanan pergaulan kehidupan bermasyarakat. Orang yang egois biasanya membangga-banggakan diri sendiri,menganggap orang lain hina dan rendah.

c.Dalil Larangan Ananiah
   Allah swt. dengan tegas tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. Hal tersebut dijelaskan Allah melalui firmanNya :




إِنَّ ا اــــلَّهَ لآ تُحِبُّ مَن كَــــــا نَ مُخْتَـــــــا لً فَخُو رًا ٣٦

Artinya : "Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri." (Q.S. an-Nisa :36)

   Pernakah dalam suatu permasalahan yang timbul,kamu merasa bahwa dirimu paling benar dan orang lain yang salah??? Jika pernah waspadalah terhadap perasaan yang demikian,karena bisa jadi sikap ananiah mulai memasuki hatimu. Oleh karena itu,ingatlah selalu bahwa kebenaran hanya milik Allah swt. dan bersikaplah sportif terhadap teman-teman serta orang oran di sekitarmu.


 kalau mau tanya tentang ananiah komen ajah ke facebook ku ni alamat e-mail    ku : aang_joker@yahoo.com                                    
         

TUNGGU KE LANJUTAN NYA YAH.....
SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA YANG MEMBACA PERILAKU BURUK SESEORANG


0 komentar: